Merawat kondisi aki kering mobil memang terbilang sangat penting dilakukan, terlebih bagian aki mobil merupakan salah satu bagian yang vital pada sebuah mobil. Namun, ternyata ada cara mudah untuk melakukan perawatannya, loh.
Baterai sebagai sumber listrik pada mobil atau yang biasa disebut aki adalah komponen vital lantaran fungsinya sebagai sumber kelistrikan utama. Untuk itu, aki wajib dilakukan perawatan berkala, termasuk menjaga voltase atau tegangannya agar tetap stabil.
Untuk menjaga performa aki agar tetap optimal salah satunya adalah dengan rutin memanaskan mobil. Pasalnya rutinitas ini akan membuat arus tegangan pada aki untuk bergerak memasok daya pada komponen kelistrikan di mobil.
Selain itu, proses memanaskan kendaraan juga akan memberi pasokan tegangan ke aki sehingga mencegah terjadinya kurang daya.
Periksa secara berkala.
Pastikan tidak ada karat pada terminal yang dapat berimbas pada berkurangnya tegangan aki. Untuk aki basah, pastikan juga air aki selalu sesuai dengan ukuran karena air aki berfungsi menghantarkan arus listrik.
Melakukan pengisian ulang.
Jika Anda menggunakan jenis aki kering atau maintenance free, maka cara menjaga voltase adalah dengan melakukan pengisian ulang (charging) kalau tegangannya sudah di bawah 12 volt. Namun, pada praktiknya, terkadang perlu melakukan pergantian aki secara keseluruhan jika memang sudah tidak bisa menyimpan daya.
Hindari Beban Aki Berlebih.
Aki memiliki beban daya sesuai kapasitasnya, usahakan tidak memberikan beban berlebih pada aki seperti memasang perangkat yang membutuhkan beban listrik terlalu banyak.
Dengan menghubungkan anda langsung dengan ponsel sales consultant kami. Sederhana, aman dan nyaman, Kami adalah cara digital untuk mendapatkan konsultasi Anda tentang produk terbaru.
All New Ertiga Hybrid |
|
| GA MT | IDR 250.000.000 |
| GL MT | IDR 272.850.000 |
| GL AT | IDR 285.000.000 |
| GX Hybrid MT | IDR 289.500.000 |
| GX Hybrid AT | IDR 300.500.000 |
| Cruise Hybrid MT | IDR 302.300.000 |
| Cruise Hybrid MT Two Tone Rp. | IDR 304.300.000 |
| Cruise AT | IDR 313.200.000 |
| Cruise AT Two Tone | IDR 315.200.000 |
APV |
|
| Blind Van MT | IDR 195.000.000 |
| Arena GL MT | IDR 238.500.000 |
| Arena GX MT | IDR 252.500.000 |
| Arena SGX MT | IDR 256.000.000 |
Fronx |
|
| GL MT | IDR 269.300.000 |
| GL AT | IDR 281.300.000 |
| GX MT | IDR 286.300.000 |
| GX AT | IDR 304.100.000 |
| SGX | IDR 330.100.000 |
| SGX Two Tone | IDR 332.100.000 |
Grand Vitara |
|
| GX AT Rp. | IDR 410.700.000 |
| GX AT Two Tone | IDR 413.600.000 |
Jimny |
|
| MT 3 Door | IDR 516.500.000 |
| AT 3 Door | IDR 531.500.000 |
| MT 5 Door | IDR 525.000.000 |
| AT 5 Door | IDR 540.000.000 |
New Carry Pick Up |
|
| FD | IDR 186.000.000 |
| WD | IDR 187.000.000 |
| FD ACPS | IDR 194.000.000 |
| WD ACPS | IDR 195.000.000 |
| FD Superior | IDR 203.000.000 |
| WD Seperior | IDR 204.000.000 |
| FD ACPS Superior | IDR 211.000.000 |
| WD ACPS Superior | IDR 211.500.000 |
New XL7 |
|
| ZETA MT | IDR 277.400.000 |
| ZETA AT | IDR 288.600.000 |
| BETA Hybrid MT | IDR 299.700.000 |
| BETA Hybrid AT | IDR 310.600.000 |
| ALPHA Hybrid MT | IDR 310.800.000 |
| ALPHA Hybrid MT Two Tone | IDR 312.800.000 |
| ALPHA Hybrid AT | IDR 321.700.000 |
| ALPHA Hybrid AT | IDR 323.800.000 |
| ALPHA KURO Hybrid AT | IDR 325.700.000 |
| ALPHA KURO Two Tone Hybrid AT | IDR 327.800.000 |
S-Presso |
|
| MT | IDR 182.600.000 |
| AT | IDR 192.600.000 |